Pertolongan Allah datang berkat sabar dan shalat

Ditambahkan Senin, 11 April 2022

  • Ekstensi JPG
  • Dimensi 1280x720
  • Ukuran 139KB
  • Dilihat 175 kali
  • Diunduh 28 kali

"Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat, Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al-Baqarah: 153)"

Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan mengenai Al Baqarah ayat 153 bahwa setelah Allah SWT menerangkan perintah untuk bersyukur kepada-Nya, maka melalui ayat ini, Allah menjelaskan perihal sabar dan hikmah yang terkandung di dalam masalah menjadikan sabar dan shalat sebagai penolong serta pembimbing. Karena sesungguhnya seorang hamba itu adakalanya berada dalam kenikmatan, lalu ia mensyukurinya; atau berada dalam cobaan, lalu ia bersabar menanggungnya. (sumber inews)

Sedangkan dalam tafsir Al-Muyassar kementerian Agama Arab Saudi disebutkan tafsirnya: Wahai sekalian orang-orang yang beriman, Mintalah bantuan dari Allah dalam seluruh urusan kalian dengan bersabar dalam menghadapi berbagai bala dan musibah, dan bersabar dalam meninggalkan maksiat-maksiat dan dosa-dosa ,serta bersabar dalam menjalankan ketaatan dan ibadah-ibadah serta amalan yang mendekatkan kepada Allah, dan dengan shalat yang menyebabkan jiwa-jiwa menjadi tentram, serta dapat menahan diri dari perbuatan keji dan munkar. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bersabar dengan pertolongan Nya, Taufik dan tuntunan Nya kepada jalan yang lurus. Dalam ayat ini terdapat dalil penetapan “Ma’iyyah” (kebersamaan) Allah yang khusus bagi kaum Mukminin, yang mendatangkan apa yang telah disebutkan. Adapun “ma’iyyah” (kebersamaan) yang bersifat umum yang bermakna mengetahui dan meliputi, maka itu berlaku umum pada semua makhluk. (sumber tafsirweb)

Semoga kita termasuk orang-orang yang sabar dan tetap istiqomah dalam ibadah dan ketaatan kepada Allah Swt dan Rasul-Nya Muhammad saw.

Unduh sekarang

Apakah gambar berikut ini juga menarik bagi Anda?